Akbid Palu Workshop Kurikulum D3 Kebidanan

SULTENG RAYA – Akademi Kebidanan (Akbid) Palu yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Cendrawasih menyelenggarakan workshop kurikulum Diploma (D3) Kebidanan di kampusnya Jalan Cendrawasih Kota Palu beberapa waktu lalu.

Workshop Kurikulum D3 Kebidanan

Dalam rilis yang diterima Sulteng Raya, Selasa (10/3/2020), kegiatan tersebut bertujuan untuk mengarahkan bahan ajar untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar kebidanan serta mampu bersaing secara global.

“Tujuan bagi setiap lembaga pendidikan, kita dituntut untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Bagi pendidikan D3 kebidanan, penggunaan kurikulum yang terstandar, akan memberikan dampak terhadap mutu lulusan,” kata Direktur Akbid Cendrawasih Palu, Enggar, SST.,M.Keb.

Selanjutnya ia katakan, penyelenggaraan giat tersebut untuk menggantikan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum D III Kebidanan 2011 revisi 2014. Pada workshop ini Akademi Kebidanan Palu menghadirkan dua orang narasumber dari pusat yaitu J.M. Metha, M.Med. Ed. yang merupakan salah satu bidan senior di Indonesia.

Pada workshop tersebut Direktur AKBID Palu menyampaikan Visi Misi dan Profil Lususan Akademi Kebidanan Palu, Visi dari Akademi Kebidanan Palu yakni menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan yang berkepribadian, profesional, kompeten, dan unggul dalam penatalaksanaan kegawatdaruratan di Sulawesi Tengah, untuk itu kurikulum yang dikembangkan diharapkan akan menjadi landasan tercapainya tujuan pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga rercapai mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh AKBID Palu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam SN-DIKTI.

Disamping itu, J.M. Metha, M.Med. Ed.  dan Panca Desristanto, S.S., M.A. sebagai pakar bahasa inggris dan editor soal Uji Kompetensi Kebidanan Indonesia menmbawakan kurikulum untuk Bidang Kesehatan, dan Curriculum Planning and Development.

Dengan  peserta yang hadir terdiri dari Ketua Korwil AIPKIND Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Sulawesi Tengah, CI Rumah Sakit dan Puskesmas Kota Palu, Ketua Senat, Dosen dan para alumni Akademi Kebidanan Palu.

Kegiatan workshop tersebut menghasilkan kurikulum Diploma III Kebidanan yang mengacu pada  Visi dan Misi Akademi Kebidanan Palu dan Kurikulum Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) 2018 yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)-SN DIKTI, dan kurikulum tersebut akan diimplementasikan oleh Akademi Kebidanan Palu mulai dari tahun ajaran 2020/2021. JAN


Berita Kampus
BAGIKAN :
Tulis Komentar
LINK TERKAIT