Sekda Kota Palu Menghadiri Capping Day Politeknik Cendrawasih Palu

Walikota Palu diwakili Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos, M.M menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada acara Capping Day Politeknik Cendrawasih Palu.

Sekda Kota Palu Menghadiri Capping Day Politeknik Cendrawasih Palu

Walikota Palu diwakili Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos, M.M menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada acara Capping Day Politeknik Cendrawasih Palu.

Acara dilaksanakan di Ball Room Hotel Santika Palu pada Sabtu 11-02-2023 pukul 09.30 Wita. Hadir pula Kadinkes Palu dr.Rohmat Yasin,  Ketua Yayasan Pendidikan Cendrawasih Palu dr Safitri Ammarie, Sp, PD dan sejumlah pengurus yayasan lainnya.

Jumlah peserta pemasangan Kap Mahasiswi Prodi D III Kebidanan Politeknik Cendrawasih Palu tahun 2022/2023 sebanyak 44 mahasiswi.

Sekda Kota Palu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa aktivitas Pendidikan, sebagai upaya peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), merupakan suatu hal yang esensi kedudukannya.

Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada suatu Institusi Pendidikan tidak bisa terhalangi atau tertunda aktivitasnya, karena pendidikan merupakan hak yang asasi bagi manusia.

Hari ini merupakan peristiwa penting dalam perjalanan seorang mahasiswa kebidanan, karena hari ini adalah starting point dari suatu proses untuk memperoleh ilmu yang bersifat praktis dan empiris.

Ia menambahkan, Capping Day merupakan tonggak dimulainya penerapan ilmu-ilmu dasar kebidanan yang diperoleh selama perkuliahan, dalam rangka mengaktualisasikan serta mengaplikasikan pada obyek pelayanan kesehatan.

“Yang mencakup persalinan dan kesehatan reproduksi. Sehingga apa yang diharapkan dari sebuah proses pendidikan kebidanan dapat terwujud, yaitu bidan yang kompeten dan professional,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan bidang kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan yang optimal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya manusia.

Kesiapan dan kemampuan kita menjawab semua konsekwensi positif dari implikasi desentralisasi urusan kesehatan. Untuk urusan kesehatan, pemerintah kota palu telah menetapkan kebijakan pembangunan melalui gerakan palu kota sehat.

“Hal ini membutuhkan kontribusi dan Dukungan kita semua, tentunya termasuk anak-anakku mahasiswa cendrawasih Politeknik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hal menarik yang perlu dicermati bersama yakni perlunya dukungan sumber daya manusia untuk peningkatan kualitas layanan. Olehnya, dituntut kompetensi dari sumber daya manusia yang terlibat langsung dalam aktivitas pelayanan.

Hal ini dimaknai bahwa kita dapat melaju dan bergerak mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat, jika aktivitas pembangunan itu dilaksanakan dan dikendalikan oleh sumber daya yang berkualitas.

Terselenggaranya program pendidikan diploma III kebidanan politeknik cendrawasih palu sebagai bagian dari upaya pembangunan urusan kesehatan. Politeknik Cendrawasih telah berkontribusi nyata pada pembangunan kesehatan di kota palu.

“Alumninya telah membuktikan keterlibatannya untuk pembangunan kesehatan di kota palu, selaku wali kota palu dan atas nama pemerintah kota palu, saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada saudara ketua yayasan pendidikan cendrawasih, direktur dan civitas akademika politeknik cendrawasih palu, atas upaya dan niat yang baik untuk mengelola dan menyelenggarakan program pendidikan bidang Kesehatan,” katanya.

Irmayanti, menambahkan, hal ini akan menjadi amal jariyah yang kelak, akan terus mengalir pahalanya. Kepada mahasiswa program studi kebidanan yang hari ini mengikuti prosesi capping day, kami ucapkan selamat. Capping day.

Ia mengatakan, merupakan titik awal dari sebuah pelayanan, awal dari sebuah karir dan merupakan awal dari perjalanan hidup yang sesungguhnya bagi seorang calon bidan. Melalui capping day, mahasiswa dinyatakan siap terjun dalam dunia kesehatan untuk mengabdi kepada masyarakat dengan profesional.

“Anak-anakku sebagai calon bidan, harus menjaga nama baik almamater, menjaga nama baik orang tua dan keluarga, serta mampu melaksanakan isi dari naskah janji yang telah diikrarkan. Jadilah tenaga kesehatan yang ramah, menyenangkan dan bertanggung jawab,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, membangun interpersonal skill dan intra Personal skills agar tercipta keharmonisan kerja. Akhirnya atas segala peran aktif seluruh civitas akademika, dalam pelaksanaan seluruh kegiatan akademis dan pengabdian kemasyarakatan.

“Seraya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya capping day mahasiswa program studi diploma III kebidanan politeknik cendrawasih palu angkatan ke-18 tahun akademik 2022/2023,”

Sumber


Berita Kampus
BAGIKAN :
Tulis Komentar
LINK TERKAIT