Politeknik Cendrawasih Palu Hadir untuk Mendukung Program Pemerintah Cetak Tenaga Kesehatan Profesional

Bertempat di Hotel Santika, hari ini Jumat, 27 Januari dilaksanakan Launching Politeknik Cendrawasih Palu. Berdasarkan SK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.15/D/OT/2023 Akademi Kebidanan Palu telah resmi berubah menjadi Politeknik Cendrawasih Palu.

Ketua Yayasn Politeknik Cendrawasih Palu

Bertempat di Hotel Santika, hari ini Jumat, 27 Januari dilaksanakan Launching Politeknik Cendrawasih Palu.

Berdasarkan SK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.15/D/OT/2023 Akademi Kebidanan Palu telah resmi berubah menjadi Politeknik Cendrawasih Palu.

Yayasan Pendidikan Cendrawasih Dibawah pimpinan dr. Safitri Ammarie, SpPD pada hari ini Jumat, 27 Januari bertempat di Hotel Santika telah melaksanakan launching Politeknik Cendrawasih Palu sekaligus pelantikan Direktur Politeknik Cendrawasih Palu Enggar SST, M.Keb.

Acara launching tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dr. I Komang Adi Sudjendra, Sp. PD. yang datang mewakili Gubernur, juga turut membersamai perwakilan Wali Kota Palu dan Bupati Kabupaten Sigi.

Baca Juga: Dibawah Pimpinan Dokter Safitri Ammarie, Kini Akbid Palu Berubah Menjadi Politeknik Cendrawasih Palu

Acara tersebut pun dihadiri langusng oleh Munawir Sadzali Razak, S.Ip. M.A. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah XVI GOSULUTTENG.

Selain itu aparat pun turut hadir diantaranya Dandrem 132 Tadulako diwakili oleh Dandenkesyah Letkol Ckm dr. Teguh Ismanto, Sp. An., perwakilan Polda Sulawesi Tengah, dan Kepala BNN.

Pimpinan Perguruan Tinggi se-Kota Palu, Kepala Puskesmas se-Kota Palu, Kepala Sekolah se-Kota Palu, serta Direktur Rumah Sakit se-Kota Palu juga hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Sejak berdirinya Politeknik Kebidanan Palu kami awalnya membuka program studi D3 Kebidanan, Alhamdulillah dengan perubahan bentuk menjadi Politeknik Kami sekarang sudah bisa membuka dua Prodi baru yaitu Diploma 4 Teknologi Laboratorium Medis dan diploma 4 Manajemen Informasi Kesehatan yang merupakan pertama di Sulawesi Tengah," kata dr. Safitri Ammarie dalam sambutannya.

Dengan adanya program ini, lanjutnya, kami berharap agar anak didik yang akan sekolah untuk manajemen informasi kesehatan dan laboratorium medis dapat sekolah di kota palu dan tidak perlu ke luar kota.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo Besok Jumat 27 Januari 2023 Lihat Yang Terjadi Pada Kesehatan, Cinta dan Karir Anda  

"Adapun fasilitas Aktivitas belajar mengajar terletak di jalan cendrawasih nomor 44. Gedung kami milik sendiri yang meliputi ruangan kuliah perpustakaan laboratorium auditorium poliklinik, asrama putri dan juga kami sudah menyediakan ruangan green screen untuk meeting Zoom dan lain-lain," kata Dokter muda ini.

Ia juga mengungkapkan bahwa dari tahun 2005 sampai Tahun 2022 Akbid Palu telah memiliki 1897 lulusan yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Pada sambutannya dr. Safitri Ammarie juga menyampaikan alasan mengapa memilih vokasi karena berharap dapat mendukung program pemerintah untuk menciptakan tenaga kerja yang siap untuk bekerja dan profesional.

Pada kesempatan yang sama Direktur Politeknik Cendrawasih Palu Enggar SST, M.Keb. juga menyampaikan optimisme mereka untuk menghasilkan tenaga kesehatan siap kerja guna menjawab tantangan SDGs dalam hal sumber daya tenaga kesehatan yang bermutu dan berkualitas.

"Tanpa berputus asa AKBID PALU terus berupaya memberikan yang terbaik melalui Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Enggar.

Hal yang penting lainnya, lanjutnya, yang kami lakukan adalah pengembangan kurikulum serta sistem pendidikan yang menghasilkan sumber daya alumni yang bermutu dan berkualitas di bidang kesehatan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus Besok Jumat 27 Januari 2023 Lihat Yang Terjadi Pada Kesehatan, Cinta dan Karir Anda

"Dengan dibukanya diploma 4 TLM dan MIK ini besar harapan kami bahwasannya kepala daerah tidak perlu lagi mengirimkan putra putrinya ke luar provinsi karena dipoliteknik sudah menyediakan dua prodi baru tersebut," harap Enggar.

Berdirinya 3 prodi ini, jelasnya, merupakan prestasi luar biasa bagi kami namun tentu saja prestasi tidak lepas dari dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh yayasan dan tidak luput dari kepercayaan dan arahan dari LLDIKTI wilayah 9 yang kemudian beralih berpisah di wilayah LLDIKTI wilayah 16 beserta jajaranya sehingga kami mampu mengubah status dari AKBID menjadi Politeknik.

Disisi lain pihaknya menyadari bahwa perubahan status juga menjadi tantangan yang besar untuk mereka karena banyak hal besar yang harus dibenahi mulai dari pengembangan kurikulum penyediaan dosen dan tenaga pendidikan yang bermutu

Namun Ia menegaskan bahwa setelah acara pelantikan ini pihaknnya akan mengadakan workshop kurikulum untuk dua prodi yang baru terbuka ini.

"Tentu saja untuk menghadapi tantangan ini kami perlu membangun komunikasi dan kerja sama dengan stekholder dengan bapak gubernur provinsi sulawesi tengah dengan Bapak Walikota Palu, Ketua Yayasan, LLDIKTI Wilayah 16 dan seluruh masyarakat di provinsi Sulawesi Tengah," tutupnya.

Sumber Berita

Berita Kampus
BAGIKAN :
Tulis Komentar
LINK TERKAIT