WORKSHOP KURIKULUM OBE (OUTCOME BASED EDICATION) “PENGEMBANGAN KURIKULUM OBE DI LINGKUNGAN POLITEKNIK CENDRAWSIH PALU”

Jum’at 10 November 2023. Menuju kurikulum yang lebih baik Politeknik Cendrawasih Palu mengadakan workshop kurikulum Outcome Based Education atau disingkat OBE yang bertemakan Pengembangan Kurikulum Obe Di Lingkungan Politeknik Cendrawsih Palu”. Arah program pendidikan, kebutuhan siswa, sistem nilai, kebutuhan masyarakat, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi hanyalah beberapa faktor yang mempengaruhi penciptaan kurikulum. Dibutuhkan pengembangan kurikulum agar mahasiswa dapat mempraktikkan

WORKSHOP KURIKULUM OBE (OUTCOME BASED EDICATION) “PENGEMBANGAN KURIKULUM OBE DI LINGKUNGAN POLITEKNIK CENDRAWSIH PALU”

Jum’at 10 November 2023. Menuju kurikulum yang lebih baik Politeknik Cendrawasih Palu mengadakan workshop kurikulum Outcome Based Education atau disingkat OBE yang bertemakan Pengembangan Kurikulum Obe Di Lingkungan Politeknik Cendrawsih Palu”. Arah program pendidikan, kebutuhan siswa, sistem nilai, kebutuhan masyarakat, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi hanyalah beberapa faktor yang mempengaruhi penciptaan kurikulum. Dibutuhkan pengembangan kurikulum agar mahasiswa dapat mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari dengan menggunakannya untuk mengembangkan kemampuan yang dapat diterapkan pada tuntutan masyarakat dan tempat kerja.

 

Dalam sambutannya Direktur Politeknik Cendrawasih Palu Enggar, SST., M.Keb. menuturkan, “Dalam menghadapi tantangan perkembangan dalam bidang pendidikan yang semakin pesat workshop ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan kurikulum program studi yang ada dalam lingkungan POLCEN. Ia juga menambahkan pentingnya pengenalan baik secara pengembangan maupun teknis tentang implementasi kurikulum Outcome Based Education (OBE).

 

Untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang baik, diperlukan proses pendidikan yang baik pula. Proses ini sangat berkaitan dengan proses pembelajaran yang ada didalamnya, dan inilah yang menjadi salah satu alasan dikembangkannya kurikulum OBE.

OBE merupakah suatu sistem pendidikan yang berfokus pada pencapaian pembelajaran dimana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga outcome nya. Secara sederhana, kurikulum ini menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, efektif, serta interaktif, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka di dunia kerja.


Berita Kampus
BAGIKAN :
Tulis Komentar
LINK TERKAIT